AAM: TERUS BERINOVASI DAN BERTUMBUH DALAM MENJAWAB TANTANGAN BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19
Oleh: Safri S Sihombing, Supervisory Development Trainee Anugrah Argon Medica (AAM)![]() |
Gambar Logo PT. Anugrah Argon Medica (AAM) (https://www.anugrah-argon.com/) |
Berdirinya sebuah perusahaan harus memiliki tujuan yang jelas dan terarah. Tujuan utama berdirinya sebuah perusahaan adalah untuk menghasilkan laba yang maksimal agar dapat bertumbuh dan eksis di tengah-tengah masyarakat. Laba yang dihasilkan oleh perusahaan akan digunakan untuk mengeksplorasi kegiatan perusahaan di masa sekarang dan yang akan datang. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk melakukan berbagai strategi manajemen dengan tujuan memaksimalkan nilai perusahaan.
Memaksimalkan laba yang dihasilkan perusahaan tidak lepas dari sejauh mana pasar yang telah terjamah dapat di layani dengan baik. Pihak internal perusahaan khususnya tim manajemen selalu berusaha menciptakan inovasi guna memberikan pelayanan terbaik (customer relationship) kepada pelanggan khususnya pasca pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Tidak sedikit perusahaan di Indonesia yang mengalami goncangan dan penurunan eksistensi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Pandemi Covid-19 mengakibatkan pemerintah mengambil kebijakan untuk mengurangi mobilitas masyarakat, sehingga hal ini menimbulkan menurunnya tingkat konsumsi masyarakat. Tingkat konsumsi masyarakat yang semakin kecil berdampak pada penurunan produktivitas perusahaan sehingga tidak sedikit dari pihak internal perusahaan memutuskan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja (karyawan) perusahaan.
Hal ini terlihat bahwa pada akhir Juli 2020, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia, mencatat jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang dirumahkan mencapai 3,5 juta lebih. Kemudian dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mencatat bahwa sampai dengan bulan Juli 2020, ada sekitar 1,1 juta orang yang di rumahkan, dan 380.000 orang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), serta sekitar 630.000 orang pekerja sektor informal terkena dampak Covid-19. Pandemi Covid-19 mendorong setiap perusahaan untuk menyesuaikan strategi layanan yang sesuai dengan kondisi terkini.
Salah satu unit perusahaan yang tetap eksis dan survive dalam memberikan pelayanan terbaik untuk meningkatkan nilai perusahaan adalah PT. Anugrah Argon Medica (AAM). PT. Anugrah Argon Medica (AAM) merupakan perusahaan nasional bagian dari Dexa Group yang bergerak dalam bidang sales dan distribusi untuk produk-produk farmasi dan alat kesehatan konsumen, yang dalam hal ini memiliki keunggulan bersaing (competitive advantages) expert in market penetration & exploration, reliable in service & operation, dan productive through technology.
Di bawah kepemimpinan presiden direktur ibu Juliwaty, PT. Anugrah Argon Medica terus berinovasi dan bertumbuh di tengah masyarakat, khususnya pada masa pandemi Covid-19. Inovasi pelayanan pelanggan terus ditingkatkan oleh AAM. Hal ini dapat dilihat dengan penggunaan sistem digitalisasi yang diterapkan secara optimal pada setiap bisnis proses di AAM. Teknologi yang digunakan perusahaan berorientasi pada customer relationship management yang baik. Hal inilah yang menjadikan AAM menjadi salah satu perusahaan distributor terpercaya dan terbesar di Indonesia selama 41 tahun. Berbagai penghargaan atau apresiasi-pun kerap diterima sebagai bagian dari hasil pencapaian yang secara terus menerus dikembangkan untuk pelayanan terbaik kepada relasi dan partner perusahaan.
Atas kesuksesannya meningkatkan kepuasan konsumen dan menciptakan loyalitas pelanggan khususnya di masa pandemi Covid-19, belum lama ini PT Anugrah Argon Medica (AAM) meraih penghargaan Indonesia Customer Service Champions (ICSC) 2021 dari Majalah SWA dan Business Digest. ICSC merupakan ajang penilaian yang memeringkatkan perusahaan-perusahaan yang berhasil meningkatkan kinerja bisnis dari pengelolaan customer service secara cerdas, efektif, dan efisien. PT AAM meraih 2 kategori penghargaan ICSC 2021 yakni Customer Service Champion Across Categories dan Customer Service Champion in Sales & Distribution. Penghargaan tersebut diserahkan secara virtual oleh Group Chief Editor SWA Media, bapak Kemal Gani pada hari Kamis, 09 September 2021. Penghargaan tersebut diterima oleh presiden direktur PT AAM, ibu Juliwaty.
![]() |
Gambar. AAM Menerima Penghargaan ICSC 2021 dari Majalah SWA dan Business Digest (https://www.anugrah-argon.com/) |
“Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Majalah SWA, Business Digest, dan juga para dewan juri yang telah terlibat dalam proses penjurian di acara Indonesia Customer Service Champion 2021, yang telah mengapresiasi Anugrah Argon Medica atau AAM di ajang penghargaan ini,” kata Ibu Juliwaty saat menerima penghargaan secara virtual. Penerima penghargaan ICSC 2021 ditentukan berdasarkan penilaian dari proses seleksi dan penilaian oleh juri-juri yang kompeten. Peserta yang lolos tahap seleksi kemudian masuk tahap final untuk memaparkan capaian yang telah dilakukan oleh perusahaan.
![]() |
Gambar. Sertifikat Penghargaan Customer Servis Champions AAM 2021 (https://www.anugrah-argon.com/) |
“Di masa pandemi seperti saat ini, mengerti kebutuhan customer adalah yang utama. Dengan semangat Care, Trust, and Grow, kebutuhan customer kami wujudkan melalui layanan yang solutif, fast response, dan memudahkan–melalui kolaborasi digital dan meningkatkan implementasi IT Enabler-Enterprise Resource Planning,” imbuh ibu Juliwaty saat disesi acara.
Penghargaan dan nama baik yang diperoleh AAM saat ini tidak lepas dari inovasi yang terus dikembangkan oleh perusahaan. Sebagai salah satu raksasa perusahaan distributor produk-produk farmasi, dan alat kesehatan konsumen selama kurang lebih 41 tahun, AAM terus berusaha menjawab tantangan perubahan zaman dan teknologi informasi. Tidak heran bahwa AAM terus berusaha membangun kepuasan konsumen dan menciptakan loyalitas pelanggan khususnya pasca pandemi Covid-19. Diprediksikan bahwa AAM akan terus bertumbuh dengan inovasi komprehensif dan holistik pada setiap binis proses yang dijalankan perusahaan di masa kini dan yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar